Menghadapi SPMB PKN STAN 2021 tentu tidak bisa santai-santai ya? Siapa sih yang meraih kesuksesan hanya dengan bersantai tanpa kerja keras? Nah begitu juga saat mengikuti tes masuk PKN STAN. Perlu ada persiapan yang matang agar bisa sukses masuk menjadi bagian dari STAN, perguruan tinggi bergengsi yang menjadi impian calon mahasiswa dan calon mertua.

menghadapi PKN STAN

Apa Sih PKN STAN itu?

PKN STAN adalahPoliteknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian  Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Diantara Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Studi Diploma I dan III dengan jurusan/program studi sebagai berikut :

  • Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
  • Program Studi Diploma I / III Pajak
  • Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  • Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  • Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  • Program Studi Diploma III Manajemen Aset
  • Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN adalah :
  • Program Studi Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)
  • Program Studi Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  • Program Studi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus


Untuk diketahui bahwa Program Studi Diploma I lama pendidikannya satu tahun (dua semester), bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di delapan daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado.

Lalu untuk Prodgram Studi Diploma III lama pendidikannya tiga tahun (enam semester) dan tempatnya hanya di Kampus PKN STAN Jakarta.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Itulah mengapa PKN STAN menjadi salah satu perguruan tinggi yang sangat diburu di Indonesia karena biaya perkuliahannya yang gratis 100%. 

Lulus Kuliah, Langsung Kerja!

Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Setelah lulus dari PKN STAN, para alumni PKN STAN akan mengikuti Test Kemampuan Dasar (TKD) yang diselengarakan oleh BKN dengan kesempatan maksimal 3 kali test. Kemudian jika lulus TKD maka para lulusan PKN-STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keren kan? Begitu lulus, langsung dapat kerja. Sungguh bisa jadi menantu idaman :)

Apa Saja Syarat Masuk PKN STAN 2021?

Diantara syarat masuk PKN STAN antara lain :

1. Persyaratan Lulusan :

Program Reguler : Lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

Program Afirmasi : calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta

  • Lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  • Calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (Semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang kamu telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun : artinya kamu yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1  September 2021 adalah 15 tahun.

4. Telah terdaftar UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT tahun 2021.

5. Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

7. Bagi pria tidak bertato atau bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

8. Bagi wanita tidak bertato atau bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik anggota badan lainnya selain telinga, dan tidak bertindik/bekas ditindik di telinga lebih dari satu pasang.

9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan

10. Tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat berikut :

  • Telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP atau yang sederajat, dan SMA atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur. 
  • Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.
  • Mendapat rekomendasi dari SMA atau yang sederajat yang menyatakan bahwa kamu merupakan dua usulan terbaik.
Untuk tata cara pendaftaran dan Materi STAN apa saja yang akan teman curhat pelajari bisa langsung berkunjung ke laman website resminya ya. Soalnya kalau dispoiler semua di sini ngga seru :p

Selain menyiapkan berkas untuk pendaftaran, jangan lupa juga siapkan mental dan materi yang akan diujikan. Belajar dengan tekun, ikhtiar maksimal dan lets Allah do the rest!

Kencangkan ikat pinggang, perbanyak ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan. 

-Kapancurhat Quotes-

Alasan Ditiadakannya PKN STAN 2020

Kemarin denger-denger pendaftaran pkn stan 2020 ditiadakan karena pandemi ya Kak? Bener ngga tuh?

Beberapa teman-teman ada yang bertanya demikian, dan kalau kata keponakan saya yang kuliah di STAN sih hal tersebut benar adanya. Namun alasannya sebagai berikut :

  • Sesuai dengan keputusan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) tentang penetapan status tertentu karena keadaan darurat, dalam hal ini Corona Virus, sehingga tes yang bersifat umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif.
  • Adanya restrukturisasi dan pengkajian ulang kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN serta dari sumber-sumber yang lain.
  • Adanya penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN terkait Program Studi dan kurikulum yang menekankan relevansi lulusan PKN STAN di masa depan serta aspek pengembangan ASN.

Setidaknya itulah informasi yang bisa kita jadikan acuan untuk saat ini. Namun, teman curhat tidak perlu khawatir lagi, karena PKN STAN 2021 sudah dibuka kembali :)

PKN STAN

Mengenai materi STAN dan berbagai macam informasi seputar edukasi STAN, teman curhat bisa kunjungi lama website edukasistan.com ya. Informasi yang disajikan perihal PKN STAN dan materi STAN di sana lebih lengkap tentunya.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat yaaa :)

Referensi : 

CNBC Indonesia

PKN STAN

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post