Banyak hal, kalau tidak bisa dibilang semua hal di dunia ini punya sisi kekurangan dan kelebihan yang meski berbeda, tetapi selalu berjalan berdampingan.

Sebut saja media sosial. Seperti yang kita tahu, meski di satu sisi media sosial sering kali dianggap toxic karena unggahan-unggahan dari pemilik akun yang belum melek literasi, tetapi di sisi lain media sosial juga menjadi wadah praktis untuk berbagi dan mendapatkan edukasi. Salah satunya edukasi tentang finansial.

Di media sosial, konten-konten tentang literasi finansial bertebaran dan bisa diakses dengan mudah dan gratis. Temanya pun beragam, misalnya tentang pentingnya deposito sebagai bagian dari investasi.

Meski berupa produk lawas, nyatanya deposito termasuk produk keuangan yang populer di berbagai kalangan. Dari orang tua sampai anak muda, keduanya masih menaruh minat yang tinggi pada deposito.

pentingnya punya deposito

Secara sederhana, deposito adalah produk keuangan dan jenis investasi yang ditawarkan oleh bank; dalam bentuk penyimpanan uang yang penyetoran dan pencairannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Beda dengan tabungan biasa yang saldonya bisa dicairkan kapan saja.

Lantas, apa sih pentingnya punya deposito?

Pentingnya Punya Deposito, Keuntungan dan Kelemahan Deposito

Namanya hidup, kita pasti punya rencana-rencana untuk masa depan. Saya misalnya, sebagai seorang ibu, saya sudah punya rencana persiapan dana pendidikan untuk anak. Teman-teman tahu sendiri, kan? setiap tahunnya dana pendidikan itu selalu naik. Nah, jika tidak disiasati dengan mempersiapkannya sedini mungkin, bisa kelabakan nantinya.

Inilah salah satu pentingnya punya deposito. Dana yang disetorkan untuk deposito bisa dimanfaatkan untuk rencana-rencana keuangan masa depan. Bisa untuk dana pendidikan, tabungan hari tua, persiapan dana usaha, bahkan untuk rencana liburan juga bisa. Dibanding disimpan sendiri di rumah, dana didepositokan tentu lebih aman.

Selain itu, memiliki deposito juga punya keuntungan, lho!

Apa saja, sih, keuntungannya?

Mari kita simak beberapa keuntungan dari memiliki deposito!

  • Keuntungan pertama yang bisa kita dapatkan dari memiliki deposito adalah kita bisa mengelola keuangan dengan lebih terencana.
  • Kedua, dibanding tabungan biasa, keuntungan yang berasal dari hasil suku bunga untuk deposito lebih tinggi.
  • Ketiga, deposito aman karena dana deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk punya deposito? Eitttsss… Tunggu dulu. Selain punya keuntungan, deposito juga punya kelemahan. Hal ini penting untuk kita ketahui sebelum mendepositkan dana.

Dalam pengelolaan dana deposito, kita tidak terlibat langsung sebagai nasabah, selain itu deposito juga terpengaruh dengan terjadinya inflasi.

Jika baru mau mulai mencoba, kalian bisa mencoba dengan mengambil tenor yang paling singkat. Dua bulan misalnya.

Lho, memangnya ada?

Ada dong. Itulah salah satu kelebihan Komunal DepositoBPR. Apalagi kini deposito di Komunal saya anggap sebagai investasi online karena semua bisa dilakukan hanya dari genggaman.

Mengenal BPR dan Komunal DepositoBPR

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha dalam bentuk pembukaan rekening/tabungan, deposito, dan kredit. Kegiatan usaha dari BPR dijalankan berdasarkan prinsip syariah dan tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

deposito aman

Nah, Komunal depositoBPR merupakan salah satu produk dari PT Komunal Sejahtera yang merupakan platform penghubung antara deposan dengan BPR.

Produk ini memungkinkan kita untuk mengalokasikan dana ke produk simpanan BPR berupa deposito.

Untuk menambah referensi, kalian bisa menyimak keuntungan memilih produk Komunal depositoBPR di bawah ini.

Keuntungan Komunal DepositoBPR

  • Dibanding Bank Konvensional, Komunal DepositoBPR memiliki imbal hasil yang tinggi yaitu hingga 6.00% p.a.
  • Aman dan rendah risiko karena dijamin oleh LPS dengan maksimal 2 miliar per BPR.
  • Bisa mengajukan deposito secara online.
  • Seluruh transaksi, mulai dari pengajuan hingga pengembalian dana, dilakukan secara transfer. Hal ini untuk mencegah risiko fraud (kecurangan/penipuan).

Bagaimana? Sudah ingin memulai punya deposito? Untuk teknis pendaftaran hingga info lebih detail, cuss kunjungi laman deposito.bpr.id!

Semoga artikel ini bermanfaat!


Post a Comment

Previous Post Next Post