Perangkat keamanan dapat dikatakan sudah menjadi kebutuhan di berbagai sektor yang bergerak dan berkembang setiap harinya, salah satunya pendidikan. Di sektor ini, pengawasan perlu dilakukan oleh para tenaga pendidik dan staf lainnya untuk memastikan para peserta didik aman.

Kehadiran sistem proteksi sendiri sangat bermanfaat untuk memantau berbagai hal yang terjadi di lingkungan sekolah hingga kampus. Mulai dari aktivitas biasa para murid atau mahasiswa hingga perilaku mencurigakan dapat dipantau dan disimpan dalam rekaman.

Aplikasi perangkat keamanan ini juga dapat diterapkan pada sistem kunci pintu otomatis yang membuka untuk misalnya sidik jari atau pengenalan wajah tertentu. Pemeriksa kehadiran juga dapat hadir dengan cara kerja serupa.

perangkat keamanan
source : pexels

Sulitnya Pengawasan Lingkungan Belajar Tanpa Perangkat Keamanan

Penyelenggara pendidikan di berbagai tingkat terus berupaya menghadirkan suasana belajar yang aman dan nyaman dengan sistem keamanan yang memadai. Tanpa bantuan perangkat-perangkat penunjang, rasanya begitu sulit melakukan pengawasan pada ruang kelas, kantor guru, dan lain sebagainya.

Jumlah pelajar yang banyak membutuhkan tenaga lebih jika tidak ada sistem proteksi yang bisa mencakup daerah pengawasan yang luas. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan mengingat staff yang bekerja dan melakukan pengawasan pada sebuah institusi jumlahnya terbatas.

Catatan kehadiran untuk jumlah pelajar yang begitu banyak juga akan lebih sulit dibuat tanpa bantuan teknologi seperti keluaran Hikvision. Hal ini tentunya dapat menghambat berbagai hal krusial.

Tips Memilih Perangkat Keamanan yang Berkualitas

Sistem keamanan yang baik tentunya terdiri dari perangkat-perangkat yang memiliki kemampuan beroperasi dengan baik pula. Berbagai keunggulan dapat Anda jadikan bahan penilaian pada perangkat-perangkat yang mungkin Anda pertimbangkan penggunaannya untuk lingkungan pendidikan.

1. Integrasi yang Mudah

Sebagai sebuah sistem, perangkat keamanan tentunya memerlukan integrasi dengan sistem-sistem lain yang memiliki cara kerja selaras. Sebagai contoh adalah integrasi dengan berbagai sistem pada pihak ketiga atau sistem informasi yang bersifat eksternal.

Kemudahan integritas tentunya menjadi begitu penting untuk keterpaduan, apalagi jika tempat menuntut ilmu tersebut sangat luas.

2. Pemusatan Manajemen

Pemusatan manajemen juga penting dalam sebuah sistem contohnya keamanan yang diposisikan pada bagian-bagian tertentu sekolah atau kampus. Pemusatan tersebut tentunya akan mempermudah proses manajemen dan pengawasan menjadi berkumpul pada satu posisi.

3. Perlindungan yang Diberikan Bersifat Menyeluruh

Proteksi yang ideal tentunya tidak hanya melindungi satu bagian saja seperti contohnya gerbang sekolah. Pemerataan pengawasan ini harus hadir untuk memberikan rasa aman bagi para penuntut ilmu mulai dari datang hingga kembali pulang.

Mulai dari pintu masuk sekolah atau kampus, jalan-jalan di lingkungan pendidikan, hingga akses masuk gedung perlu dilakukan pengawasan. Bahkan jika perlu, pihak penyelenggara pendidikan dapat menghadirkan bus khusus pelajar agar keamanan terjamin.

4. Dilengkapi dengan Video Pengawasan

Video pengawasan yang hadir di lingkungan pendidikan dapat menjadi bagian perangkat keamanan yang begitu bermanfaat. Pengawasan menjadi lebih efektif dan efisien dengan kecanggihan teknologi yang dipasang pada berbagai sudut penting.

Misalnya terdapat kasus kehilangan di sebuah tempat menuntut ilmu, video pengawasan ini dapat menjadi cara mencarinya.

5. Manajemen Pencatat Kehadiran yang Baik

Poin plus lain dari sistem proteksi yang berkualitas dapat dilihat pada pengaplikasiannya untuk manajemen kehadiran. 

Fasilitas dari HikCentral Enterprise dalam Lingkungan Pendidikan

Setiap tempat termasuk lingkungan pendidikan membutuhkan sistem keamanan yang tepat untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan pengguna gedung. HikCentral Enterprise dari Hikvision menawarkan kebutuhan keamanan bagi industri pendidikan yang akan diulas, sebagai berikut.

  • Selain memenuhi sisi keamanan gedung pendidikan, perangkat lunak Hikvision juga memfasilitasi kebutuhan keamanan bagi empat industri vertikal umum. Industri yang dimaksud seperti retail, komersial, pendidikan serta kawasan industri. Setiap perangkat lunak memiliki fungsi yang cenderung berbeda tergantung jenis industrinya.
  • Terdapat perpaduan teknologi IoT, pengenalan wajah, artificial intelligence, analisis data besar, dan teknologi lainnya. Keberadaan teknologi pada perangkat lunak ini mendukung manajemen perusahaan dalam penerapan aplikasi cerdas dan terpadu.
  • Platform terbuka ini memudahkan pengintegrasian dengan sistem lainnya. Seperti yang diketahui, integrasi sistem keamanan membutuhkan perangkat lunak untuk memproses input elemen-elemen kemudian disatukan menjadi dokumentasi keamanan. Selain didukung oleh perangkat lunak sistem sentral, integrasi sistem keamanan harus direncanakan secara matang. Perencanaan ini melibatkan sumber daya pengelola, peralatan dan sebagainya.
  • Perangkat ini menawarkan berbagai kebutuhan manajemen dimulai taman kanak-kanak hingga institut yang lebih tinggi. Bahkan, beban administrasi bisa dikurangi, sehingga terdapat kemungkinan bahwa pengelolaan kelas menjadi sangat efisien.
  • Platform ini memfasilitasi perlindungan secara keseluruhan yang mencakup tiga lapisan perlindungan untuk memastikan keamanan. Cakupan tiga lapisan perlindungan yang dimaksud seperti gerbang sekolah, jalan kampus, serta pintu masuk gerbang. Kemungkinan akan tercipta keamanan komprehensif sekitar area gedung sekolah.
  • Adanya manajemen terpusat menjadikan satu sistem untuk semua skenario, sehingga manajemen menjadi lebih mudah. Selain itu, manajemen terpusat melahirkan satu solusi termasuk pencarian, alarm, modul analisis serta penentuan posisi.
  • Video pengawasan yang diberdayakan artificial intelligence bisa meningkatkan efisiensi manajemen kampus menuju tingkat tertinggi. Fitur ini juga bisa memfasilitasi pembangunan kampus digital yang bebas dari kartu ID mahasiswa. Hal ini dikarenakan penerapan level otomatisasi yang ditingkatkan.
  • Perangkat lunak ini mudah terintegrasi bersama sistem informasi eksternal maupun sistem ketiga lainnya. Pengintegrasian yang mudah ini bisa menjadi kontribusi dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih terpadu.

Kriteria-kriteria unggulan tersebut dapat dipenuhi jika Anda memilih produk-produk dari Hikvision dengan software dari HikCentral Enterprise.

1 Comments

  1. Wah bagus juga ya kalau di sekolah ada perangkat keamanan terintegrasi seperti ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post